Optimalkan Human Capital, Jasa Raharja Susun Human Capital Transformation Framework

Dewi Aryani Suzan – Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja saat Media Gathering 2019 Jasa Raharja di H. Crown Jakarta . ( Foto.Fah )

Badan Usaha Milik Negara, Jasa Raharja mendapatkan  amanah untuk menyelenggarakan Perlindungan Dasar sesuai dengan UU Nomor 33 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan UU Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Tugas pokoknya  menyerahkan Santunan bagi Korban Kecelakaan alat angkutan umum Darat, Laut dan Udara dan korban kecelakaan lalu lintas jalan sebagai wujud kehadiran negara dalam memberikan perlindungan dasar.

Dewi Aryani Suzan – Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja saat Media Gathering 2019 Jasa Raharja di H. Crown Jakarat (Foto.Fah)

Dewi Aryani Suzana, Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja, menyampaikan bahwa dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, saat ini Jasa Raharja didukung oleh sekitar 2.000 orang pegawai yang tersebar di seluruh Indonesia. Dimana total jumlah pegawai tersebut ditempatkan di Kantor Pusat, 29 Kantor Cabang, 63 kantor perwakilan, 67 Kantor Pelayanan Jasa Raharja (KPJR), dan 1.560 Kantor Bersama SAMSAT.

Revolusi Industri 4.0 adalah peluang sekaligus tantangan bagi Jasa Raharja untuk lebih adaptif terhadap digitalisasi dalam berbagai aspek seperti : pelayanan kepada masyarakat, transaksi keuangan serta pengelolaan Human Capital.

Harwan Muldidarman – Corporate Sec. Jasa Raharja,  saat Media Gathering 2019 di H. Crown Jakarta. (Foto : Fah)

“Guna mewujudkan tujuan dan target perusahaan dengan karakteristik pegawai yang berlatar belakang sosial dan budaya yang beragam, maka tentu dibutuhkan strategi dan langkah yang tepat agar setiap pegawai dapat memberikan kontribusi yang semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja perusahaan, khususnya di Era Revolusi Industri 4.0 ini,” ujar Dewi Aryani disela – sela Media Gathering 2019 di H. Crown Jakarta, Rabu (24/7).

BACA JUGA:  Seni Beladiri Budo Sebagai Simbol Pererat Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang

Namun, Dewi mengakui ada beberapa tantangan tentunya pasti dihadapi oleh Jasa Raharja dalam pengelolaan Human Capital, antara lain :

  1. Gap yang besar antara jumlah pegawai millennia/s dan generasi sebelumnya. 75% dari total pegawai Jasa Raharja adalah millennia/s.
  2. Menyelaraskan antara keinginan millennials yang mendominasi porsi pegawai di Jasa Raharja (75%) dengan penempatan pegawai di Kantor Jasa Raharja yang harus menjangkau seluruh pelosok Indonesia.
  3. Menjembatani keinginan millenia/s untuk work life balance dan waktu bekerja yang lebih fleksibel dengan budaya dan aturan sebagai pegawai BUMN .
Dewi Aryani Suzana – Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja memberikan penghargaan pada wartawan . (Foto.Fah )

“Untuk menjawab tantangan tersebut, Jasa Raharja telah menyusun Human Capital Transformation Framework untuk mengoptimalkan peran Human Capital dalam mendukung tercapainya tujuan perusahaan,”ungkap Dewi.

Adapun proses transformasi pengelolaan Human Capital yang saat ini telah dilakukan oleh Jasa Raharja. melalui :

1.Melakukan penelitian Organization Culture Health Index (OCHI) untuk mengetahui kondisi budaya yang saat ini berkembang dalam kehidupan perusahaan dan memberikan gambaran aksi yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan budaya sebagai “intangible asset”. “Dari hasil penelitian tersebut, perlu adanya rejuvenate terhadap budaya 3T dan menciptakan budaya baru sehingga dapat mendukung perusahaan dalam beradaptasi terhadap era digital,”jelasnya.

Dewi Aryani Suzana – Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja bersama wartawan saat Media Gathering 2019 Jasa Raharja di H. Crown Jakarta. (Foto.Fah)
  1. Pembaharuan mekanisme rekruitmen untuk menemukan calon pegawai yang lebih inovatif dan dapat diandalkan untuk menjadi pemimpin Jasa Raharja di masa depan. ”Kedepan Jasa Raharja akan memberikan kesempatan bagi lulusan DB dan lulusan SMA untuk mengikuti program “Langkah Bakti” untuk memberikan pengalaman bekerja di Jasa Raharja. Untuk misi sosial, Jasa Raharja juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan lulusan SMA untuk mengikuti program magang bersertifikat yang merupakan Program Kementerian BUMN,” papar wanita ramah ini.
  2. Penerapan Human Capital Information System (HCIS) yang melibatkan peran serta pegawai secara aktif melalui mekanisme Employee Self Service (ESS) dengan mengintegrasi sistem struktur organisasi SDM, payroll, benefit, leaving, learning and development, talent management, succession planning, performance management dan knowledge management.
  3. Mengimplementasikan pendekatan work life balance kepada seluruh pegawai melalui program “JR Energizer”, yang terdiri dari body energizer, soul energizer, social energizer dan main energizer. “Perusahaan menyediakan berbagai macam fasilitas olahraga, musik, social activity, kegiatan kerohanian dan training untuk mendukung terlaksananya work life balance. Work life balance tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan pegawai, namun juga diharapkan mampu meningkatkan produktifitas dan eflsiensi kinerja pegawai,”urai Dewi.
  4. Jasa Raharja juga telah mendesain ruang kerja dengan konsep open working space & clean desk untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan untuk setiap pegawai.
BACA JUGA:  Tim Medis Covid 19, Makan Unik Jadi Viral Di Medsos

Selain itu sesuai dengan arahan Kementerian BUMN serta dalam upaya untuk meningkatkan engagement pegawai yang didominasi generasi millenia/s, maka Jasa Raharja membentuk wadah millenials dengan sebutan Spirit of Millennia/s baik di Kantor Pusat maupun di seluruh Kantor Cabang.

“Lewat  Spirit of Millenials diharapkan dapat meningkatkan dan memaksimalkan peran millennials di Jasa Raharja sebagai agent of innovation, sehingga para pegawai millennia/s diberikan ruang untuk lebih berinovasi serta berkontribusi dalam berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan adanya transformasi human capital ini, Insan Jasa Raharja siap dalam mewujudkan Jasa Raharja menjadi perusahaan yang terpercaya dalam memberikan perlindungan dasar terhadap risiko kecelakaan dengan pelayanan terbaik,”pungkasnya.Fah/Wis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *