Segera Merenovasi Patahu ‘Buhai Bapalaut Bulan’, Eddy Raya Samsuri Berharap Supportnya PJ. Bupati dan Gubernur Kalteng

Ir.H. Eddy Raya Samsuri . (foto.istimewa)

Mengingat cerita sejarah masa lampau, dikawasan Muara Sei Purun Bulau terdapat sebuah bangunan mini yakni Balai Karamat Raja yang di buat untuk tempat petilasan oleh salah satu leluhur suku Dayak Ngaju di sebut dengan Patahu bernama “Buhai Bapalaut Bulan”

Bupati Kabupaten Barito Selatan (Periode 2017-2022), Ir.H. Eddy Raya Samsuri mengatakan berencana akan melakukan renovasi Patahu “Buhai Bapalaut Bulan” yang memiliki kelebihan secara magis sebagai tempat masyarakat memohon bantuan atau pertolongan dari marabahaya penyakit.

“Tempat ini juga untuk bahajat atau bernasar, jadi sebagai rasa syukur dan terima kasih di buat lah bangunan Balai Karamat Raja “Buhai Bapalaut Bulan”,” ungkap Eddy Raya Samsuri.

Lebih lanjut Ketua DPP Golkar Kabupaten Barito Selatan ini menjelaskan PATAHU pada tahun 1960 an didirikan lah oleh seorang tokoh adat di Desa Sei Jaya yaitu Damang .T.G K.D. SIMMA dan PELDA. ROMAN TUENG yang merupakan seorang Tentara Nasional Indonesia.

Patahu “Buhai Bapalaut Bulan” di Tumbang Sei Purun Bulau, Desa Sei Jaya Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan. (Foto : Istimewa)

“Hal ini juga merupakan salah satu penghormatan kepada nilai-nilai dan norma adat istiadat dan budaya serta kearifan lokal, Suku Dayak Ngaju yang mendiami Desa Sei Jaya,” cerita Eddy.

Eddy juga memaparkan, sebagai bentuk rasa keprihatinan maka tergugahlah hati para generasi muda melihat kondisi nya, terlebih sekarang ini sudah lapuk di makan usia. Para tokoh pemuda, adat, dan tokoh masyarakat terutama ahli waris yang ada di Desa Sei Jaya, serta dukungan penuh dari Bapak Yusep.T. Aceng (Damang Kepala Adat Kec.Dusun Hilir), menjalankan tugas dan fungsinya untuk melestarikan, pengembangan nilai-nilai budaya adat istiadat berdasarkan Perda Nomor 16 Tahun 2008 Tentang Kelembagaan Adat di Kalimatan Tengah.

BACA JUGA:  Kilat.com Hadir Dengan Warna Baru dan Multibahasa, Internasional dan Daerah

“Kami berencana untuk membentuk Tim Pelaksana Kegiatan Ritual Pembangunan dan Renovasi Kawasan Situs Budaya Balai Karamat Raja Patahu “Buhai Bapalaut Bulan” di Tumbang Sei Purun Bulau, Desa Sei Jaya Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tahun 2024-2025,” terang Eddy.

Eddy berharap dalam rencana kegiatan ini mendapatkan dukungan atau pun bantuan sumber pendanaan dari pihak tokoh Masyarakat, pemerintah daerah maupun lainnya.

“Baik dari Bapak PJ.Bupati Kabupaten Barito Selatan, Bapak Gubernur Kalimantan Tengah dan juga para donatur simpatisan perusahan serta para Ormas yang bersedia membantu jalannya rencana kegiatan ini,” pungkas Eddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *