Ayu Azhari : Sukses Promosikan Budaya dan Kuliner Indonesia Di Potters Fields Park London, Inggris

Ayu Azhari saat promosikan Budaya dan Kuliner di Potters Fields Park London, Inggris. (Foto : Dok Pribadi)

Pada tanggal 7 dan 8 September 2019 lalu, artis film, model, dan penyanyi Indonesia Ayu Azhari telah sukses mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia dalam acara  Indonesia Weekend yang berlangsung di Potters Fields Park London, Inggris.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini Ayu didukung oleh PT Telkom Indonesia untuk menghibur warga Indonesia dan warga Inggris di Panggung Wonderfull Indonesia. “Dua hari yang menyenangkan menghibur masyarakat Indonesia dan orang Inggris. Saya mengajak mereka berdendang dengan lagu dan musik tradisional Indonesia,” ujar wanita bernama lengkap Ayu Khadijah Azhari.

Dalam acara tersebut Ayu membawakan lagu – lagu dangdut salah satunya  lagu Mawar Merah yang dipopulerkan oleh Hj. Elvy Sukaesih. Ayupun tak mengira ternyata pengunjung samgat menyukai lagu tersebut.

“Saya senang banget, ternyata orang Inggris cukup mengenal musik dangdut dan ikut bergoyang. Bagi saya itu sambutan yang luar biasa,” cerita Ayu.

Ayu bersama Sean Azhari, anaknya dan musisi . (Foto : Dok Pribadi)

Setiap tampil Ayu mambawakan tujuh lagu dan ketika ada jeda agar panggung tidak kosong Sean Atiq putranya mengantikan dengan membawakann  musik rab. “Jadi saat saya ganti pakaiam bisa 3 atau 4 menit, Sean menggantikan saya dengan ngerab, supaya panggung tidak kosong. Dia ngerab, suasana jadi heboh,” akunya.

Selain menyanyikan lagu dangdut, Ayu juga  membawakan tarian Burung  Enggang,yang merupakan tarian khas dari Kalimantan Timur. Ayu tampil selama 4 menit dengan busana khas dayak di iringi musik etnik

BACA JUGA:  Kolaborasi Tik Tok Live dan SCTV Menggelar Kompetisi Bernyanyi Berskala Nasional “Gimme The Mic”, Ini Persyaratan Menjadi Peserta

“Saat menari penonton hening, mereka menarik nafas terkesima dengan keindahan dan terbuai mendengar musik etnik Kalimantan. Pastinya ini suatu kebanggaan dan sayapun sangat gembira sekali,” ungkap ayu.

Sebelum menari di atas panggung, Ayu menjelaskan secara ringkas tentang tari Enggang pada pengunjung. Dia menceritakan makna tarian itu mencermin sikap seorang pemimpin yang jujur dan bertanggung jawab. Seorang pemimpin yang tangguh.

“Yang lebih penting tari Enggang mengambarkan kesetian pada pasangan,”tegasnya.

Ayu Azhari saat membawakan tarian Burung Enggang, Asal Kalimantan . (Foto : Dok Pribadi )

Ayu merasa senang dengan tarian Burung Enggang dapat menghibur dan para pengunjungpun sontak memberikan sesuatu padanya.

“Ada yang melempar koin di panggung dan dia bilang itu koin keberuntungan. Cukup banyak juga yang dilempar, saya hanya ambil satu untuk di simpan. Mereka takjub dengan tarian etnik,” terang Ayu.

Ayu senang bisa menunjukkan keahlihannya menari tradisional seperti tarian Burung Enggang atau biasa disebut Tari Enggang menari Suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur. Ayu tampil di panggung bersama sang putra Sean Azhari dan berkolaborasi dengan musisi tradisional.

“Tari Burung Enggang menjadi wajib dalam setiap upacara adat Suku Dayak Kenyah dan punya makna yang dalam,” ucap Ayu

Mnurut Ayu selain mencari hiburan, pengunjung juga berkesempatam mencici makanan Indonesia. Semua makanan Indonesia dipromosikan dan mereka sangat menyukainya. Umumnya orang yang datang sudah pernah berkunjung ke Indonesia. Mereka mengaku kangen makanan yang sedap dengan aroma rempah rempah yang menyehatkan.

BACA JUGA:  Di “Lebaran Penuh Hikmah”, MOJI Siap Temani Momen Bersama Keluarga Dengan Sederet Film Box Office Indonesia

“Gado-gado makanan seksi dan romantis dengan berbagai rasa. Pedas, asin, dan manis, ”ujar Ayu saat menyapa penonton yang memenuhi panggung Wonderful Indonesia. “Rendang apalagi mereka bilang renyah dalam satu gigitan,” kata Ayu menambahkan

Dalam kesempatan itu, Ayu juga ikut berpartisipasi Bahasa Indonesia di Inggris dalam acara Indonesia akhir pekan yang digelar untuk keikutsertaan.

Artis yang pernah membintangi film Catatan Si Boy dan Pacar Ketinggalan Kereta  menyebutkan berbagai kuliner Indonesia yang sangat kaya akan rasa dan juga berbagai macam rasa. Sebagai contoh, Ayu menyebutkan aneka jenis soto.

“Ada soto ayam, soto padang, soto makassar, dan banyak lagi macam dan rasa,” tandas Ayu dalam acara budaya dan kuliner Indonesia untuk mempromosikan branding Indonesia di pasar Eropa ini.

Dikatakan Ayu, di Inggris restoran Indonesia hanya ada di dua tempat sementara pengemar masakan Indonesia sangat banyak. ” Kementerian Parawisata mungkin perlu lebih banyak melakukan promosi, restoran Indonesia berpotensi untuk berkembang,” pungkas Ayu.Fah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *