IZI Fokuskan Ekspedisi Ramadan1440 H Di 10 Wilayah 3T

Preskon IZI gelar Ekspedisi Ramadan 1440 H di Kawasan Condet, Jakarta Timur. Foto dari kiri ke kanan : Deddy Fenalosa – Ketua Ramadan IZI , Novi Hendradi – PT Paragon Wardah, Wildan Dewayana, Direktur Utama IZI dan Haryono GM Pendayagunaan IZI . (Foto : Fah)

Tahun 2019 Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) kembali melaksanakan Ekspedisi Ramadan yakni kegiatan rangakaian Program Booking Berkah Ramadan dengan penambahan sasaran wilayah menjadi 10 wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal).

Wildan Dewayana, Direktur Utama IZI mengatakan bahwa tujuan dan program ini adalah untuk membantu mustahik, khususnya yang berada di wilayah 3T di 10 titik wilayah pelosok tersebar di Indonesia serta wilayah Jabodetabek, seperti Muara Gembong, Babelan, Bekasi Jawa Barat, serta Petir, Serang Banten.

“Saat ini kita sekarang berfokus didaerah 3T yang sulit dijangkau, kareana di daerah ini juga banyak orang – orang mustahik yang membutuhkan bantuan. Menyampaikan amanah sampai ke daerah yang susah dijangkau adalah kenikmatan yang Allah berikan.”ujar Wildan Dewayana, Direktur Utama IZI disela – sela preskonnya di Jakarta, (14/5).

Wildan juga menjelaskan H-7 datangnya bulan suci Ramadan, Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI), sudah mulai mendistribusikan Paket Ramadan ke 10 wilayah 3T yang telah dipilih IZI. 10 wilayah 3T terscbut yaitu, Sambas (Kalimantan Barat), Singkawang (Kalimantan Barat), Rote Ndao (NTT), Jeneponto (Sulawesi Selatan), Seluma (Bengkulu), Sorong (Papua Barat), Sebatik Nunukan (Kalimantan Utara), Pulau Seram (Maluku), Karo Sinabung (Sumatera Utara), dan Dili (Timor Leste).

Foto dari kiri ke kanan : Haryono GM Pendayagunaan, Deddy Fenalosa – Ketua Ramadan IZI dan Wildan Dewayana, Direktur Utama IZ, (Foto : Fah)I

“Pelaksanaanya ditargetkan sampai dengan pertengahan Ramadan. Saat ini, sudah tersalurkan 3.560 Paket Ramadan di sejumlah wilayah nasional yang direncanakan,”kata Wildan..

BACA JUGA:  Ronald Dharmaraja, ‘Devian Dharmaraja’ Bukan Sekedar Toko Barang Antik dan Unik, Tapi Pelestari dan Sosialisasi Budaya

Potret mustahik di wilayah 3T kondisinya sangat memperihatikan. Kehidupan yang jauh dari perkotaan membatasi aktivitas yang dapat memajukan kehidupan mereka.

“Mudah-mudahan dengan adanya penyaluran Paket Ramadan ke daerah-daerah 3T ini semakin menambah kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang ada di pedalaman sana,”ungkap Deddy Fenalosa Ketua Ramadan IZI.

Dalam Ekspedisi Ramadan turut menyertakan jajaran Direksi dan Donatur, sudah pasti banyak rintangan yang dilalui, mengingat pendistribusian dilakukan di wilayah 3T. Jarak tempuh yang cukup jauh, medan yang dilalui cukup parah serta sulitnya akses komunikasi. Salah satunya Sorong, Papua, melewati jalanan pegunungan selama 4 jam dengan jalanan berlubang dan berkerikil. Sehingga hanya bisa dilalui oleh kendaraan khusus saja

Haryono GM Pendayagunaan IZI saat menerangkan target IZI di 10 wilayah 3T.Indonesia. (Foto : Fah)

Deddy juga menyampaikan bahwa salah satu tim Ekspedisi Ramadan di Sorong, Papua,  Rizqi Rohmat melihat keadaan masyarakat dan medan yang dilalui, pendistribusian Paket Ramadan di wilayah 3T sangat tepat sasaran.

“Dengan begitu penumpukan bantuan yang pernah terjadi di perkotaan tidak terulang lagi, karena teryata masih banyak saudara-saudara di luar sana yang sangat butuh uluran tangan kita. Bahkan ada yang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan,”pungkas Deddy.Fah  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *