Bumi Aki – Rumah Makan Yang Perkenalkan Budaya ‘Ngariung’ Sekaligus Melestarikan Budaya Sunda

Grand Opening Rumah Makan Bumi Aki Cibinong Bogor (Foto.Fah)

PT. Bumi Aki Boga telah membuka rumah makan Bumi Aki cabang ke-5-nya di Cibinong, Jalan Kol. Yoso Martadipura No. 21, Pakansari – Bogor, Selasa (15/1).

Grand opening RM Bumi Aki di buka oleh tarian tradisional sunda yaitu tari jaipong, para penari berasal dari Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Dalam rangka memeriahkan acara, RM Bumi Aki Cibinong menghadirkan Yuni Shara sebagai bintang tamu yang membawakan lagu-lagu tembang kenangan.Tidak ketinggalan juga menghadirkan Chef Chandra yang menampilkan kepiawaiannya dalam memasak salah satu menu andalan Bumi Aki yaitu tongseng kambing.

Lina Sumarlina – owner Bumu Aki .( Foto.Fah)

Tidak kalah menarik perhatian adalah sosok “Aki” dan “Nini” yang menyambut kehadiran para tamu undangan. Sosok “Aki” dan “Nini merupakan ikon dari rumah makan Bumi Aki.

“Ikon yang Bernama “Aki” dan “Nini” menggambarkan sosok orang tua yang senantiasa menunggu cucu-cucunya berkunjung untuk bermain dan makan bersama,”ujar Lina Marlina selaku owner RM Bumi Aki ini.

Grand Opening RM Bumi Aki di Cibinong, Bogor. (Foto : Fah)

Menurut Lina tujuan dari Grand Opening ini sendiri adalah sebagai tanda perkenalan RM Bumi Aki dengan stake holder Kabupaten Bogor. Dengan diadakannya acara ini diharapkan budaya “Ngariung” (berkumpul-red) dirasakan oleh para tamu undangan karena RM Bumi Aki ingin turut serta melestarikan budaya Sunda.

Para tamu undangan grand opening RM Bumi Aki. (Foto : Fah)

“Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para stake holder Kabupaten Cibinong karena acara ini syarat akan kebersamaan,”tandas Lina.

BACA JUGA:  PBESI dan PT. Gudang Kripto Indonesia Gelar 'World Esports Championship 14th' di Nusa Dua Bali
Yuni Shara saat bernyanyi bareng dengan Ibu Hj Ade Munawaroh Yasin. SH., M.H – Bupati Bogor. (Foto : Fah)

Rumah Makan Bumi Aki merupakan restoran keluarga dengan sajian tradisional citarasa sunda yang didirikan oleh Dedih Satria Priatna (alm) dan Lina Sumarlina pada Tahun 1988. Selain itu PT Bumi Aki Boga memiliki cabang lainnya  yakni ‘Rumah Makan yaitu ‘Bumi Aki Puncak – Jalan Raya Puncak no. 59, Ciloto, Cianjur’, ‘Bumi Nini Puncak – Jalan Raya Puncak no. 259, Cianjur’, ‘Bumi Nini Cisarua – Jalan Raya Cisarua no. 81 KM 18, Cisarua’ dan ‘Bumi Aki Bogor – Jalan raya pajajaran no. 51, Bogor’.

Yuni Shara saat mengibur tamu undangan. (Foto : Fah)

RM Bumi Aki memiliki tempat makan yang nyaman seperti di rumah, dilengkapi dengan area bermain anak serta kegiatan untuk anak-anak yang akan ditemani oleh ikon Aki dan Nini agar pelanggan seperti sedang berada di rumah.

Mangemen PT Bumi Aki Boga saat memberikan keterangan persnya dengan wartawan. (Foto : Fah)

“Sesuai dengan filosofi dari nama Bumi Aki yang berarti rumah kakek. Kepuasan pelanggan berbasis customer care adalah fondasi R.M Bumi Aki. Bumi Aki dibangun dengan ketulusan hati untuk setia melayani para pelanggan,”terang Lina.

Lina Sumarlina – owner RM Bumi Aki saat menanda tangani prasasti RM BUmu Aki. (Foto : Fah)

Adapun menu yang disajikan Bumi Aki adalah menu-menu tradisional dengan citarasa sunda. Menu andalan dari Bumi Aki sendiri adalah sate, sop buntut, gulai kambing dan gurame bakar. Masakan Bumi Aki dibuat dari bahan-baku segar serta menggunakan alat masak tradisional demi mempertankan cita rasa. Menu beverage andalan Bumi Aki adalah wedang ronde serta bandros merupakan cemilan favorit.

BACA JUGA:  FKPPAI Gelar Halal Bihalal, Ajang Silaturrahmi dan Temu Kangen Untuk Menguatkan Rasa Persaudaraan Anggota Antar Daerah
Ibu Hj Ade Munawaroh Yasin. SH., M.H (Bupati Kabupaten Bogor )saat menanda tangani prasasti RM Bumi Aki. (Foto : Fah)

Grand opening RM Bumi Aki dihadiri oleh Ibu Hj Ade Munawaroh Yasin. SH., M.H (Bupati Kabupaten Bogor ) beserta wakil Bapak H Iwan Setiawan, S.E; Letkol Inf Heri Eko Sutrisno ( Dandim Kabupaten Bogor) dan AKBP Andi Moch. Dicky P.G. S.SOS., S.I.K., M.H. (Kapolres Kota Bogor). Selain itu juga dihadiri oleh perwakilan-pewakilan dinas Kabupaten Bogor, beberapa ketua organisasi, kepala perusahaan di Kabupaten Bogor serta perwakilan warga sekitar.Fah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *