Dangdut Academy Asia 2018, Sebagai Tolak Ukur Eksistensi Musik Dangdut Di Asia

Preskon Dangdut Academy Asia 4 di Senayan City, Jakarta. (Foto:Fah)

Indosiar kembali menghadirkan sebuah kompetisi menyanyikan lagu dangdut terbesar di Asia lewat Dangdut AcademyAsia. DA Asia ditahun keempat ini sebanyak 36 kontestan dari 6 negara yakni Indonesia, Brunei, Singapore, Malaysia , Timor Leste dan Thailand akan berkompetisi melalui musik dangdut.

Untuk mengenalkan ke 36 kontestan, Indosiar juga akan menyiarkan langsung Opening Ceremony DA Asia 4 pada Minggu, 21 Oktober 2018 pukul 20.00 WIB. Selanjutnya DA Asia 4 ini juga akan memulai kompetisinya dengan mempertemukan perwakilan dari ke-6 negera pada Senin 22 Oktober 2018 yang disiarkan langsung pukul 20.00 WIB.

Kontestan asal Indonesia saat perfrom. (Foto:Fah)

“Keberadaan musik dangdut saat ini tidak hanya digemari di tanah air, tapi sudah diakui dunia iternasional. Lewat program DA Asia, Indosiar sukses mengemas program ini dengan elegan dan tampil beda sehingga tingkat apresiasinya meluas hingga ke negara – negara tetangga dan bisa dikatakan DA Asia ini berhasil menjadi tolak ukur eksistensi musik dangdut di Asia,”ujar Ekin Gabriel, VP PSRD Divison Head disela – sela preskon DA Asia 4 di Senayan City, Kamis (18/10).

Pertukaran cendramata dari masing – masing negara kontestan DA Asia 4 2018. (Foto:Fah)

Indonesia juga sudah menentukan perwakilannya yang akan berkompetisi dipanggung DA Asia 4 yakni pemenang dari kompetisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) yakni Selfi, Rara, Arif, Ridwan, Nabila dan Jamila yang merupakan pemenang Bintang Pantura.

“Selain beradu kemampuan menyanyi dangdut dengan kontestan dari negara lainnya, masing – masing kontestan juga akan memperkenalkan budaya dari negara masing – masing,”terang Sylvia Pontoh, VP Programming Acquisition Indosiar.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono Bergoyang Di Konser Nominasi LIDA Provinsi Papua
Salah satu kontestan DA Asia 4 asal Timor Leste mersa terharu bisa ikut di DA Asia 4. (Foto:Fah)

Kemampuan dan penampilan para kontesatan juga akan di nilai oleh para juri – juri yang kompeten di bidang nyanyi dan berpengalaman dari masing – masing negara diantaranya Dj Daffa/Hans Anwar(Brunei), Hetty Koes Endang/Hendro Saky  (Indonesia), Zul 2by2 / Man Tabla (Malaysia), Mayuni Omar(Singapore), Kerry The Halabala (Thailand) dan Didinho Marchal (Timor Leste).

“Dangdut itu sangat fleksibel yang bisa berdaptasi dengan genre apa saja, jadi enak atau tidak enaknya lagu yang dinyanyikan tergantung dari penyanyi itu sendiri bagaimana mengemas kolaborasinya itu sendiri, dan ini juga sebagai penilaian dari juri,”terang salah satu juri DA Asia 4, Hendro Saky.

Preskon DA Asia 4 2018 di Senayan City, Jakarta. (Foto:Fah)

Selain itu, juga ada beberapa komentator dari negara – negara peserta antara lain Dewi Perrsik, Inul Daratista, Nassar, Soimah dan Zaskia Gotik (Indonesia), Masidayu (Malaysia), Rosalina Musa (Singapore), Kun Yee (Thailand0, Paije (Tiomor leste) dan Miennan Yumos (Brunei). Serta tidak ketinggalan turut hadir sebagai coachnya  yakni Erie Suzan dan Adibal Sahrul. Acara DA Asia 4 juga akn dipandu oleh host kenamaan tanah air yakni Gilang Dirga Irfan Hakim, Ramzi dan Uyaina Arshad (Putri Muslimah Asia 2018).Fah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *