Kategori Baru ITA 2021, ‘Program Spesial Terpopuler’ dan ‘Artis Televisi Terpopuler’

Indonesian Television Awards 2021 akan digelar pada 27 September 2021. (Foto : Fah)

Indonesian Television Awards (ITA) kembali digelar untuk ke 6 kalinya.  Ajang penghargaan bagi para insan pertelevisian Indonesia di tahun ini terdapat 14 kategori penghargaan yang terdiri dari 9 kategori program televisi dan 5 kategori individu, dimana dua kategori diantaranya adalah kategori baru yaitu ‘Kategori Program Spesial Terpopuler’ dan ‘Kategori Artis Televisi Terpopuler’. Ajang penghargaan bergengsi ini kembali ditayangkan oleh Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) serta GTV pada Senin, 27 September 2021 pukul 17.30 WIB dari salah satu studio termegah dan tercanggih se-Asia, Studio RCTI+, yang bertempat di kawasan MNC Studios, Jakarta.

“Tahun ini merupakan tahun ke-6 Indonesian Television Awards hadir di RCTI. Tentunya ITA 2021 menjadi suatu apresiasi bagi para pihak dibalik program – program yang tayang di televisi, terutama di masa pandemi dengan tantangan yang luar biasa, karena karya dan kerja keras mereka selain menjadi hiburan utama untuk kebanyakan masyarakat juga menjadi program yang sangat diminati sehingga masuk menjadi nominasi ITA 2021. ITA 2021 selain cerminan dari program favorit pilihan pemirsa televisi juga merefleksikan persepsi terhadap figur – figur di layar televisi Indonesia sepanjang tahun 2020-2021. Semoga ITA 2021 dapat menjadi pemacu bagi seluruh insan pertelevisian untuk terus menghasilkan kreativitas ataupun program terbaik di dunia pertelevisian Indonesia juga untuk para insan di depan layar menjadi motivasi untuk menjadi figur yang berkesan untuk pemirsa,” terang Dini Putri, Programming & Acquisition Director RCTI.

BACA JUGA:  Ungguli 37 Finalis, Audrey Vanessa (Sulawesi Utara) Dinobatkan Menjadi Miss Indonesia 2022

Keseluruhan nomine ITA 2021 yang masuk dalam 14 kategori, merupakan hasil survei dari tim Roy Morgan Research sebagai lembaga survei independen asal Australia yang telah berada di Indonesia sejak 2004. Survei yang dilakukan Roy Morgan Research melibatkan responden di 28 kota dari 17 propinsi Indonesia. Roy Morgan Research menjalani survei dengan mendatangi langsung para pemirsa televisi namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, untuk mengetahui program televisi apa yang menjadi populer di tengah masyarakat berdasarkan acara terfavorit yang secara spontan disebut oleh para pemirsa. Untuk Program – program yang masuk sebagai nomine ITA 2021 dibatasi secara periode penayangannya, yaitu program yang tayang dari 1 Agustus 2020 sampai dengan 31 Juli 2021.

“Secara keseluruhan, survei yang kita lakukan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Dimana, kita tetap mengambil sample dengan cara mendatangi rumah – rumah pemerisa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program terfavorit atau yang paling disukai yang mereka tonton untuk berbagai kategori. Sehingga, dari hasil wawancara tersebut keluar data para nominasi Indonesian Television Awards 2021. Karena kondisi masih dalam masa pandemi, sehingga selama proses wawancara kita selalu menerapkan protokol kesehatan ketat yang dianjurkan pemerintah,” urai Ira Soekirman, Direktur Utama Roy Morgan Research.

Bagi seluruh pemirsa televisi dapat secara langsung memilih nomine favoritnya melalui sosial media Facebook (Indonesian TV Awards), Instagram (@indonesiantvawards) atau melalui aplikasi RCTI+. Periode voting dibuka mulai 1 September 2021 hingga 22 September 2021 pukul 00.00 WIB. Perhitungan dan analisa voting di sosial media akan dilakukan oleh Provetic sebagai konsultan strategis berbasis data, untuk menjaga akurasi perhitungan serta validasi data pemilih. Setelah itu, hasil voting diverifikasi oleh auditor independen. Hasil voting diumumkan pada acara Malam Puncak Indonesian Television Awards yang digelar pada Senin, 27 September 2021.

BACA JUGA:  Penghuni Rumah Terakhir Bersama Shopee, 25 Peserta Akan Perebutkan Hadiah Rumah Mewah Senilai 2 Milyar Rupiah

“Pada zaman sekarang ini, pengguna sosial media terus meningkat. RCTI sendiri sudah sekitar enam tahun belakangan telah mengolaborasikan antara dunia pertelevisian dengan media sosial. Dari data riset yang ada, diketahui orang Indonesia menggunakan internet hampir 9 jam dalam sehari. Sementara untuk bermain sosial media, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 3 jam per harinya. Waktu penggunaan internet dan media sosial di Indonesia ini masuk dalam peringkat 8 dan 9 yang tertinggi di dunia. Sedangkan waktu yang dihabiskan oleh pemirsa untuk menonton televisi adalah hampir 3 jam.  Bahkan di masa pandemi ini, terlihat peningkatan penggunaan internet, media sosial dan juga waktu menonton televisi. Oleh karenanya di sini, televisi dan sosial media dapat berjalan beriringan serta saling mendukung,” papar Iwan Setyawan, Direktur Utama Provetic.

RCTI akan mengemas program Malam Puncak ITA 2021 pastinya dengan sangat meriah dan menarik. Tidak hanya para artis – artis dan nomine yang bakal hadir, namun malam puncak ITA 2021 akan semakin meriah dengan hadirnya para pengisi acara yang pastinya sangat menghibur. Tidak hanya artis dan performer dari Tanah Air, malam puncak ITA setiap tahunnya juga selalu menghadirkan artis ataupun performer dari luar negeri. Seperti halnya tahun lalu, Malam Puncak ITA menghadirkan tamu spesial asal Korea yaitu SuperM & Siwon Super Junior.

BACA JUGA:  Di Perdana Babak 20 Besar Bintang Pantura 6, Peserta Group 1 Dapat Saweran Dari Juragan Pantura

“Namun yang jelas, malam puncak penghargaan Indonesian Television Awards 2021 akan dikemas dengan sangat menarik dan pastinya meriah karena akan diadakan di salah satu studio terbesar, tercanggih di Asia dengan fasilitas yang terintegrasi, yakni Studio RCTI+. Tampilan dari panggung yang megah dan juga tata lampu yang menawan pastinya akan memanjakan mata para pemirsa yang menyaksikan. Siapa bintang tamu spesial yang akan hadir di malam puncak ITA 2021? Ikuti perkembangan ITA 2021 di sosial media Indonesian Television Awards dan sosial media RCTI,” pungkas Fabian Dharmawan,VP Head of Production Division RCTI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *