Bangkitkan Nilai Nilai Pancasila dan Kebangsaan Anak Muda Lewat ‘Bedah Musik Kebangsaan’

Bedah Musik Kebangsaan , dari kiri – kanan : DR. Devie Rahmawati, M.Hum. (Dosen dan Peneliti Tetap Program Vokasi Humas UI), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph., Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ahmad Doli Kurnia Tandjung (Ketua Komisi II DPR/Founder Sinergy for Indonesia) dan Prof. Ari Kuncoro, SE, M.A, Ph.D – Rektor Universitas Indonesia.(Foto : Fah)

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Bedah Musik Kebangsaan’ di Auditorium Pusat Study Jepang, Universitas Indonesia, Depok – Jawa Barat (16/12/2020).

Kegiatan ini adalah bagian dari strategi untuk mensosialisasikan sekaligus menanamkan jiwa kebangsaan melalui saluran yang dekat dengan dunia generasi muda yaitu musik.

Musik adalah instrumen universal yang sangat efektif untuk dijadikan alat penyampaian pesan, bahkan lebih dari itu, musik juga diyakini dapat menjadi media untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepada pendengarnya.

“Oleh karena itu, BPIP mengangkat tema musik demi membangkitkan kembali nilai-nilai Pancasila dan Kebangsaan di kalangan muda,” ujar Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph., Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Bedah Musik Kebangsaan di Auditorium Pusat Study Jepang, Universitas Indonesia, Depok – Jawa Barat. (Foto : Fah)

Yudian Wahyudi juga mengatakan bahwa Musik, olahraga dan film menjadi pemersatu pemuda dalam merekat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Lewat musik, film dan olahraga, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi, merupakan media yang dapat mempersatukan generasi muda dari beragam suku,” ujar Yudian Wahyudi dalam sambutannya.

Yudian Wahyudi juga menambahkan, meski musik dalam balutan teknologi digital, namun sentuhan seniman, tidak dapat ditinggalkan.

“Seniman dalam berkarya, dapat melahirkan sentuhan rasa sosial, sentuhan kemanusiaan yang tidak terkalahkan. Semoga kegiatan ini bermanfaat menciptakan generasi Indonesia yang berwawasan kebangsaan dan mendukung terciptanya generasi emas,” terangnya.

Diinisiasi oleh Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Sinergy for Indonesia adalah komunitas anak muda yang fokus di dalam gerakan membangun semangat kebangsaan. Ahmad Doli juga merupakan produser eksekutif dan penulis lirik dari album Nyanyian Rumah Indonesia yang diproduksinya bersama Indonesia Care.

BACA JUGA:  Meski Demam Panggung, Hizra (Sulawesi Tengah) Tetap Bertahan Di LIDA 2021

Kerjasama BPIP, Sinergy for Indonesia dan Indonesia Car ini telah menelurkan satu album kebangsaan berjudul ‘Nyanyian Rumah Indonesia’

Kegiatan Bedah Musik Kebangsaan ini juga dihadiri Ahmad Doli Kurnia Tandjung (Ketua Komisi II DPR/Founder Sinergy for Indonesia), Prof.Dr. FX. Adji Samekto, S.H, M.Hum (Pit Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP), dan DR. Devie Rahmawati, M.Hum. (Dosen dan Peneliti Tetap Program Vokasi Humas UI).

Tak ketinggalan sederetan musisi hadir diantaranya, Lobow Iyas, Takaeda, Conrad GV, Shanna Shannon, serta Dede Kumala dan Rio Ricardo selaku prosduser.

Kegiatan yang dilangsungkan dengan format seminar hybrid, mengundang 50 orang partisipan secara langsung dan 200 orang secara daring. Protokol kesehatan Covid-19 akan diberlakukan dengan disiplin.Fah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *