Damien Dematra Dianugerahi Gelar ‘Kanjeng Pangeran’ Oleh Keraton Surakarta Hadiningrat

Damien Dematra – Sutradara saat dapat gelar Kanjeng Pangeran .{ Foto : Istimewa)

Berkat prestasi dan kontribusi besar dalam dunia penyutradaraan, kebudayaan dan kemanusiaan, Damien Dematra dianugerahi gelar bangsawan ‘Kanjeng Pangeran’ oleh Keraton Surakarta Hadiningrat. Acara pelantikan tersebut diadakan di Surakarta pada hari Minggu, 19 Agustus 2018.

Damien Dematra saat diberikan gelar Kanjeng Pangeran oleh Keraton Surakarta, Sinuhun Tedjowulan PB ke XIII. (Foto : Istimewa )

Kanjeng Pangeran adalah gelar tertinggi yang dapat diberikan kepada orang yang berasal dari luar keraton. “Saya merasa terhormat dan tersanjung atas gelar ini. Semoga kedepannya saya dapat terus berprestasi dan mengangkat budaya Indonesia di kancah internasional,” ucap pria berambut panjang tersebut beberapa waktu lalu.

Damien Dematra saat diberikan gelar Kanjeng Pangeran oleh Keraton Surakarta, Sinuhun Tedjowulan PB ke XIII. (Foto : Istimewa)

Seperti diketahui, Damien Dematra dikenal sebagai sutradara, aktivis, penulis, pelukis, fotografer dan produser yang telah memperoleh lebih dari 500 penghargaan internasional sejak tahun 1990an. Disamping itu, Damien juga memegang 16 rekor dunia.

Ia pernah terpilih sebagai Sutradara Terbaik di Mountain Film Festival selama dua tahun berturut-turut, Sutradara Asia Pertama pemenang Sutradara Terbaik dari American Movie Awards.

Damien Dematra saat diberikan gelar Kanjeng Pangeran oleh Keraton Surakarta, Sinuhun Tedjowulan PB ke XIII. (Foto : Istimewa )

Selain dalam bidang film, ia juga kerap aktif sebagai humanitarian dan budayawan. Sebagai humanitarian, Damien mendirikan festival film perdamaian yang telah berlangsung selama 8 tahun dan dianggap sebagai salah satu festival film perdamaian terbesar di dunia.

Ia juga merupakan pendiri dari Gerakan Peduli Pluralisme. Sebagai budayawan, Damien kerap aktif mempromosikan budaya Indonesia di dalam dan luar negeri lewat karya-karya film, sastra, lukisan dan fotografi.Fah

BACA JUGA:  FFWI 2022 Siap Rilis, Usung Tema “Merayakan Film Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *