Laga Besar Di Hari Pertama BRI Liga 1 2022/2023, Bali United FC Vs Persija Jakarta

BRI Liga 1 2022/2023 dibuka dengan pertandingan Bali United FC Vs Persija Jakarta . (Foto : Istimewa)

Ajang kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia yakni BRI Liga 1 2022/23 segera bergulir. INDOSIAR berbangga kembali menjadi Official Broadcaster BRI Liga 1 2022/23 yang musim ini sudah dapat disaksikan oleh penonton dan supporter di stadion.

Bali United FC yang dinobatkan sebagai juara pada musim sebelumnya akan kembali bersaing bersama 17 klub papan atas lainnya untuk memperebutkan gelar bergengsi juara “BRI Liga 1 2022/23”.

Sebanyak 18 klub akan berlaga di BRI Liga 1 2022/2023, diantaranya Bali United FC, Persib Bandung, Bhayangkara FC, Arema FC, Persebaya Surabaya, Borneo FC Samarinda, PSIS Semarang, Persija Jakarta, Madura United FC, Persikabo 1973, Persik Kediri, Persita, PSS Sleman, PSM Makassar, PS Barito Putera dan tiga klub yang behasil promosi dari Liga 2 yakni Persis Solo, Rans Nusantara FC dan Dewa United FC.

Total seluruh 306 pertandingan BRI Liga 1 2022/23 akan dimainkan dan dapat disaksikan melalui INDOSIAR dan VIDIO. INDOSIAR akan menayangkan sebanyak 238 pertandingan secara LIVE yang juga tayang simulcast di VIDIO, dan tambahan 68 pertandingan lainnya akan ditayangkan LIVE di VIDIO. Selain INDOSIAR dan VIDIO, tayangan BRI Liga 1 2022/2023 juga dapat disaksikan di O’Channel yang akan menayangkan sejumlah pertandingan pilihan.

Khusus pencinta sepak bola yang tinggal di rural area hingga remote area bisa menonton seluruh pertandingan secara LIVE melalui platform TV Satelit yaitu, Nexparabola. Pertandingan akan banyak dimainkan di akhir pekan yakni Jumat, Sabtu dan Minggu di waktu sore hingga malam hari. Sistem kompetisi yang digunakan pada ajang BRI Liga 1 2022/2023 ini menggunakan sistem full kompetisi, dimana masing-masing klub partisipan akan berhadapan dengan klub lainnya sebanyak 2 kali yakni home dan away, yang diselenggarakan di stadion daerah masing-masing klub bernaung dan bisa dihadiri langsung oleh para penonton dan suporter untuk mendukung klub kesayangannya. Tiga klub di akhir kompetisi yang berada di posisi terbawah akan terdegradasi ke Liga 2, sedangkan 1 klub yang berada di posisi teratas selain menjadi juara BRI Liga 1 2022/23 juga akan mewakili Indonesia di AFC Liga Champions.

BACA JUGA:  Kompetisi Go-Jek Traveloka Liga I 2018 Diharapakan Bisa Melahirkan Pemain Bola Kelas Dunia

Bapak Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI mengungkapkan bahwa sejak awal kami selalu fokus untuk menggulirkan kompetisi kasta teratas yang berkualitas. Karena dengan kompetisi yang berkualitas akan selalu melahirkan timnas yang hebat.

Kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 menjadi salah satu konsentrasi kami pada tahun ini. Kami berharap dari kompetisi kasta tertinggi ini, selalu melahirkan pebola-pebola hebat yang bisa kita banggakan bersama. Kami juga meyakini kompetisi musim ini akan lebih berkualitas, menjunjung tinggi asas prestasi dan fair play serta menjadi hiburan yang dibanggakan masyarakat pecinta sepak bola Indonesia” ujar Mochamad Iriawan

Bapak Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT LIB menyampaikan bahwa “BRI Liga 1 2022/2023 telah resmi digulirkan dan kembali menghadirkan penonton di stadion. Ini berarti semuanya sudah dalam kondisi yang ideal, bagi klub dan juga supporter. Semua kontestan akan berjuang keras memenangkan pertandingan. Lalu, hingar bingar stadion dengan segala pernak-perniknya akan kembali menghibur masyarakat luas.

“Semoga semua stake holder sepak bola Indonesia, akan menikmati kompetisi yang tersaji pada musim ini. Kami juga berharap dari kompetisi BRI Liga1 2022/2023 akan terus memunculkan pemain-pemain hebat yang bisa memberikan kontribusi maksimal kepada timnas”, pungkas Akhmad Hadian Lukita.

Bapak Catur Budi Harto selaku Wakil Direktur Utama BRI menyampaikan kontribusi BRI dalam BRI Liga 1 diharapkan dapat dirasakan berbagai lapisan masyarakat. “Sebagai perusahaan BUMN, BRI terus memberikan kontribusi terbaiknya kepada seluruh stakeholders, utamanya kepada masyarakat luas.”Dengan menjadi Title Sponsor Liga 1, BRI mewujudkan komitmen tersebut, bahwa keberadaan BRI memberikan makna bagi masyarakat Indonesia, utamanya melalui industri sepak bola,” ungkap Catur.

Catur melanjutkan penjelasannya mengapa pihaknya menjadi title sponsor BRI Liga 1 musim 2022/2023 karena berkaca dari perhelatan BRI Liga 1 musim 2021 – 2022 yang lalu, BRI menilai pergelaran tersebut terselenggara dengan sangat baik dari sisi olah raga, hiburan dan juga dampak sosial maupun ekonomi masyarakat.

“Dari sisi ekonomi, BRI ingin terus menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan melalui industri sepak bola nasional. Kami juga berharap BRI liga 1 dapat memberi dampak positif terhadap iklim kompetisi sepak bola nasional dan mencetak talenta-talenta muda berbakat yang akan mendorong prestasi sepak bola Indonesia di pentas Dunia. Disamping itu, BRI Liga 1 juga menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk mengkomunikasikan layanan dan produk BRI yang merupakan hasil dari transformasi digital BRI, khususnya BRImo,” jelasnya.

BACA JUGA:  Sempat Raih Nilai Tertinggi, Namun JEJEN (Bogor) Harus Berakhir Perjuangannya Di AKSI 2022

Sementar Ibu Harsiwi Achmad, Direktur Programming SCM  mengucapkan terima kasih secara khusus kepada BRI atas partisipasi dan kepercayaannya menjadi title sponsor untuk kedua kalinya dari ajang bergengsi BRI Liga 1 2022/2023. Lebih lanjut, Ibu Harsiwi juga mengungkapkan antusiasme INDOSIAR sebagai “Rumahnya Sepakbola Indonesia” dapat kembali menayangkan gelaran kasta tertinggi sepak bola tanah air, “BRI Liga 1 2022/2023”.

“Terbukanya kembali stadion bagi penonton yang ingin hadir menyaksikan langsung jalannya pertandingan akan menjadikan atmosfir tiap pertandingan lebih seru, suasana di stadion lebih hidup dan pemain lebih bersemangat. “INDOSIAR menambah jumlah pertandingan yang ditayangkan menjadi 238 pertandingan atau rata-rata 7 pertandingan per pekan. 18 klub peserta di BRI Liga 1 musim ini kualitasnya semakin kompetitif dan semua pertandingan akan sangat layak ditonton baik secara langsung di stadion maupun melalui layar INDOSIAR” papar Ibu Harsiwi.

Bali United FC sukses menyandang gelar juara BRI Liga 1 2021/22 dengan mengantongi 75 poin, Bali United FC juga berhasil mencetak sejarah baru di sepak bola Indonesia dengan menjadi klub pertama yang berhasil meraih gelar liga back to back sejak Liga Indonesia 1994. Di bawah asuhan pelatih Stefano Cugurra Teco, klub yang dijuluki sebagai Serdadu Tridatu ini dinilai memiliki strategi permainan yang apik dan penampilan yang konsisten. Pada BRI Liga 1 2022/23 kali ini juga terdapat beberapa klub yang telah mengubah nama di antaranya Martapura Dewa United menjadi Dewa United FC, Borneo FC menjadi Borneo FC Samarinda dan Rans Cilegon FC menjadi Rans Nusantara FC.

Ajang BRI Liga 1 2022/23 akan dibuka dengan laga dari klub yang dijuluki sebagai Laskar Mahesa Jenar yakni PSIS Semarang melawan The Prestige Phoenix yakni Rans Nusantara FC pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 LIVE pukul 14.30 WIB dari stadion Jatidiri, Semarang. Kemudian dilanjutkan sang juara bertahan yakni Bali United FC siap melawan klub yang dijuluki Macan Kemayoran yakni Persija Jakarta pukul 19.30 WIB dari stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

BACA JUGA:  SCM Hadirkan Top Youth Premiere League, 46 Klub Siap Berlaga Dilapangan Hijau

‘Opening Ceremony’ BRI Liga 1 2022/23 akan disiarkan langsung dari Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar-Bali pukul 18.30 WIB Eksklusif di INDOSIAR dan VIDIO. Dikemas dengan mengusung keindahan budaya lokal, sebanyak 30 penari akan tampil membuka acara dengan tarian kontemporer Bali. Kehadiran Via Vallen dan Jamrud menghibur penonton baik yang hadir langsung di stadion maupun layar kaca akan semakin menambah semarak Opening Ceremony BRI Liga 1 kali ini.

Turut hadir pula sejumlah tokoh yang akan membuka rangkaian pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 diantaranya Menteri BUMN Republik Indonesia – H. Erick Thohir, B.A., M.B.A, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia – Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si., Ketua Umum PSSI – Komjen. Pol. (Purn) Dr. Drs. H. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H., Direktur Utama LIB – Ir. Akhmad Hadian Lukita., MBA., QWP, Wakil Direktur Utama BRI – Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Konsumer BRI – Handayani, Gubernur Bali – Dr. Ir. Wayan Koster, MM,  dan Kapolda Bali – Irjen Pol Putu Jayan Danu. Sementara Valentino Simanjuntak, Sheila Purnama dan sportcaster Supriyono Prima akan hadir memandu jalannya acara yang melibatkan 240 penari kecak dan 10 hanoman serta 30 orang penari wanita dalam prosesi opening nanti. Tidak hanya itu, pemirsa juga akan disuguhkan dengan keseruan Mini Match dari 6 orang Garuda Legend yang akan menghadapi kegesitan dari 50 anak-anak dalam beradu bola.

Lagu berjudul INDONESIAKU yang diciptakan oleh Posan Tobing dan dibawakan oleh The Winner terpilih menjadi official broadcaster theme song BRI Liga 1 2022/2023.

Saksikan “BRI Liga 1 2022/23” yang didukung oleh Kukubima, Shopee, Luwak White Koffie dan Le Minerale, Eksklusif di INDOSIAR dan VIDIO. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *