Ahmad Mahendra – Direktorat film, Musik dan Media Baru Akan Perbanyak SDM dan Perkuat Sekolah Film

Ahmad Mahendra – Direktorat film, Musik dan Media Baru Akan Perbanyak SDM dan Perkuat Sekolah Film

Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru KEMENDIKBUD RI menggelar Halal Bihalal Webinar Onlnie bertajuk ‘Film Bersama Demi Indonesia’ pada Senin (25/5) mulai pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB.

Dalam kesempatan itu Ahmad Mahendra (Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru KEMENDIKBUD RI menyampaikan pembahasan yang menarik terkait dengan perfilman berkenaan dengan program kerja Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru di tengah-tengah kondisi pandemi covid 19 saat ini.

Mahendra juga mengatakan sejak dirinya dilantik pada Januari 2020  lalu, Direktorat yang dipimpinnya belum dapat menjalankan programnya, namun ia telah mempersiapkan banyak program.

“Janji presiden adalah melakukan film dan musik, jadi kita fokus untuk meningkatkan SDM. Kita perbanyak SDM film, memperkuat sekolah film yang kadang tidak terkait kebijakan film, apakah kurikulumnya atau prakteknya,” jelas Mahendra.

Agar bioskop tidak hanya dikota – kota besar saja, Direktorat juga akan bekerjasama dengan Pemda dan komunitas. Hal ini dilakukan untuk memperkuat vokasi dan distribusinya. Untuk memperkuat film konten Indonesia, Direktorat juga akan mengadakan pelatihan pembuatan pelatihan skenario yang bekerjasam dengan Pemda.

“Kita akan ke Kabupaten untuk bangun bioskop baru. Kita juga akan membuat flatfrom berbayar untuk mempercepat distribusi. Dengan teknologi akan kita bantu, sehingga mempercepat apresiasinya,” urainya.

Menurut Mahendra film bukan hanya sebagai sarana hiburan saja, namun film juga menjadi sarana pendidikan dan industri.

“film itu karya seni dapat diterbitkan juga untuk membangun daerah seperti film Laskar Pelangi,” kata Mahendra.

Jadi bukan hanya sineas yang mendapatkan keuntungan lanjut Mahendra, namun daerah juga bisa mendapatkan keuntungan.

”Dengan kondisi saat ini, mengembangkan media yang sangat perlu untuk meningkatkan distribusi-distribusi film dan platform karya seni senior. Hal ini mimpi baru, akan tetapi selalu diupayakan agar mimpi ini dapat terealisasi,” urainya.

Selain Ahmad Mahendra (Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru KEMENDIKBUD RI ), kegiatan yang merupakan silaturrahmi yang diikuti oleh 71 peserta mulai dari pemerintah, film penggiat dan jurnalis juga terdapat narasumber lainnya seperti Djonny Syafruddin Ketua GPBSI, Noorca Massardi (Pengamat dan anggota LSF periode 2020-2024), H. Firman Bintang (Produser), Putri Ayudya (Aktris) dan Anggy Umbara (Sutradara). Tak ketinggalan acara juga dipandu oleh Dipandu oleh Yan Widjaya (Tuan Rumah), Arul Muchsen (Cohost).
dan Benny Benke (Cohost).Fah

COMMENTS