Mengawali Kompetisi Sakinah (Timor Leste) Harus Wassalam di AKSI ASIA 2024

Sakinah (TImor Leste) Harus “Wassalam” di Awal Kompetisi AKSI Asia 2024. (Foto : Istimewa)

Di Ramadan 1445 H, Indosiar kembali menggelar Akademi Sahur Indonesia (AKSI) ASIA 2024. Sebanyak 24 peserta yang telah terbagi kedalam enam kloter akan tampil berkompetisi menyampaikan tausiyah terbaik mereka di hadapan para komentator diantaranya Mamah Dedeh, Ustaz Subkhi Al Bughury, Ustaz Solmed, dan Ustaz Wijayanto.

Penampilan peserta juga akan dinilai langsung oleh juri berkompeten yang merupakan perwakilan keenam negara peserta yakni Ust. Muhammad Hanafi dan Ust. Isham Ismail (Brunei Darussalam), Ust. Dr. H. Muchlis M. Hanafi Lc., M.A. (Indonesia), Ust. Nabil Ahmad (Malaysia), Ust. Muhammad Nuzhan (Singapore), Ust. Dr. Ameen Khoya (Thailand), Dan Ust. Arif A. Sagran (Timor Leste).

Dalam episode perdananya, “AKSI Asia 2024” Top 20 yang tayang Selasa dini hari (12/3) menampilkan peserta dari kloter 1 yakni Ibnu Sina. Mereka adalah Fariz  (Brunei Darussalam), Ilyas (Indonesia), Raisyah (Malaysia), dan Sakinah (Timor Leste).

Tampil di urutan pertama, Fariz (Brunei Darussalam) membawakan tausiah dengan tema “Rasulullah Makhluk Terindah”. Fariz menyampaikan mengenai keelokan dan kemuliaan Nabi Muhammad SAW yang telah menjadi suri teladan bagi seluruh umat muslim melalui akhlak mulia yang sangat melekat dalam diri baginda Rasullulah SAW. Mamah Dedeh yang hadir sebagai komentator pun menilai materi yang disampaikan sangat menarik karena memang kita semua wajib diingatkan kembali mengenai kesempurnaan dari sosok Rasulullah SAW. Senada dengan Mamah Dedeh, Ustaz Subkhi Al Bughury juga memuji Fariz yang dinilai telah berhasil membuka kompetisi perdana “AKSI Asia 2024” Top 20 dengan sangat baik.

BACA JUGA:  RAIH NILAI TINGGI DARI JURI, NOVIA (RANCAEKEK) HARUS WASSALAM DARI PANGGUNG AKSI INDONESIA 2023

Penampilan menarik lainnya juga ditampilkan Sakinah (Timor Leste) yang pada kesempatan kali ini Sakinah menyampaikan solusi  dalam menghadapi  permasalahan kehidupan dengan cara memperbanyak bersyukur, bersabar,  dan berjuang. Penampilannya tersebut mendapatkan pujian dari seluruh komentator Pujian disampaikan oleh Ustaz Wijayanto yang melihat sosok Sakinah telah berhasil membawa tema ini menjadi lebih ringan dan menghibur, sehingga pemirsa juga dapat menikmati dan menangkap pesan yang ada dalam materi tersebut. Selain pujian, Ustaz Subkhi Al Bughury juga menyampaikan masukannya.

“Tema yang dibawakan Sakinah terlalu lebar, sehingga akan terasa lebih baik jika  hanya mengambil salah satu elemen saja sehingga bisa lebih dalam pembahasannya,” ungkap Subkhi.

Peserta dari Indonesia, Ilyas yang merupakan Juara AKSI 2023 tampil diurutan ketiga. Bermodalkan materi yang bertajuk “Bunuh Diri Bukan Solusi”, Ilyas pun menuai pujikan dari Ustaz Solmed yang menilai Ilyas berhasil membawakan materi tersebut dengan sangat sederhana namun cukup mengena bagi para penonton.

“Penampilan Ustaz Ilyas ini sudah menjadi paket lengkap, cara penyampaian hingga analogi yang digunakan di dalam materi tausiyah sudah sangat seimbang” puji Ustaz Solmed.

Ustazah Raisyah (Malaysia) menjadi peserta terakhir yang tampil pada pagi hari tadi. Dengan penuh penghayatan, Raisyah berhasil memukau hati komentator dengan materi tausiyah yang disampaikan berjudul “Panduan Agung, Hadiah Dari Yang Maha Agung”. Kali ini pujian datang dari Ustaz Wijayanto  yang menilai penampilan Ustazah Raisyah sudah sangat lengkap dengan dalil-dalil yang digunakan juga sudah sangat sesuai.

BACA JUGA:  Sosialisasikan Anti Trafficking Lewat Film “Holy Prostitution” Karya Sutradara Princess Cheryl Halpern & Princess Natasha Dematra

Hasil akhir penilaian Juri, terkumpul skor akhir untuk Sakinah  (Timor Leste) sebesar 482 yang membuatnya berada di posisi terendah. Dengan demikian Sakinah pun harus wassalam dari Top 20 AKSI Asia 2024. Sementara skor tertinggi diraih oleh Raisyah (Malaysia) sebesar 508, diikuti oleh Ilyas (Indonesia) yang berada di posisi kedua dengan perolehan skor sebesar 504 serta Fariz (Brunei Darussalam) di posisi ketiga dengan perolehan skor sebesar 492.

Setelah Kloter 1, dini hari nanti giliran Kloter 2 yang akan tampil berkompetisi di Top 20 “AKSI Asia 2024”. Mereka adalah Abdul Mujib (Brunei Darussalam), Ahmad Amurallah (Timor Leste), Aiman Khair (Malaysia) dan Rena Reni  (Indonesia).  “AKSI Asia 2024” Top 20 Kloter Al – Battani akan tayang di INDOSIAR pada hari Rabu, 13 Maret 2024 LIVE pukul 02.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *