Dangdut Academy Asia 5 Semakin Menarik Dengan Bergabungnya Philiphines Turut Berkompetisi

Preskon Dangdut Academy Asia 5  dii Senayan City, Jakarta. (Foto : Fah)

Setelah menggebrak lewat Golden Memories Asia, tahun ini lndosiar kembali menghadirkan kompetisi menyanyi lagu dangdut terbesar di Asia yaitu Dangdut Academy Asia 5 (DA Asia 5). Di tahun kelimanya DA Asia 5 akan menampilkan 35 peserta yang siap dipersatukan di atas satu panggung melalui kompetisi persahabatan lewat musik dangdut..

Eksistensi musik dangdut saat ini tidak hanya digemari masyarakat tanah air saja, namun merambah hingga ke mancanegara dan diakui keberadaannya hingga dunia lntemasional. Tahun ini DA Asia 5 semakin menarik dengan bertambahnya satu negara yang akan turut berkompetisi, Philipines.

“Bergabungnya Philippines ke DA Asia 5 membuktikan dangdut benar-benar sudah tersebar bahkan ke bangsa yang bahasa tutumya bukan bahasa Indonesia atau Melayu sekalipun,” ungkap Ekin Gabriel selaku VP PSRD Division Head lndosiar disela – sela preskon D’Academy Asia 5, Senayan City, Jakarta, Rabu (16/10).

Ekin Gabriel selaku VP – PSRD Divison Head Indosiar .( Foto :Fah)

Di DA Asia 5 Philippines akan turut mengirimkan 5 perwakilannya melengkapi 30 kontestan dari 6 negara Iainnya yaitu Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand dan Timor Leste. Indonesia sendiri telah menentukan perwakilannya yakni pemenang dari kompetisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA), Faul, Randa, Puput, Sheyla dan pemenang dari kompetisi Dangdut Academy Celebrity (DAC) yaitu Maria Calista.

“Selain beradu kemampuan menyanyi dangdut di atas panggung, para kontestan juga akan memperkenalkan budaya dari masing-masing negaranya.,”ungkap Ekin.

Penampilan ke-35 kontestan DA Asia 5 akan dinilai Iangsung oleh juri perwakilan dari tujuh negara yang telah lama berkecimpung di dunia musik di negaranya masing-masing. Mereka adalah Hans Anuar DJ Daffy (Brunei Darussalam), Hetty Koes Endang, Hendro Saky (Indonesia), Zul 2by2, Man Tabla (Malaysia), Mayuni Omar (Singapore), Kerry the Halabala Fendi (Thailand), Didinho (Timor Leste) dan Jett Pangan (Philippines). Para Juri akan memberikan penilaian berdasarkan pertimbangan kemampuan olah vokal dari setiap peserta dimana seluruh perolehan nilai yang didapatkan akan menentukan nasib mereka di atas panggung DA Asia 5.

BACA JUGA:  Nadira Hill, Rela Bersakit – Sakitan Demi Totalitas Akting nya
Perwakilan dari Indonesia di Damgdut Academy Asia 5. (Foto : Fah)

Selain Juri, para kontestan juga akan diberikan kritik dan saran dari para komentator andal dibidang musik dangdut baik di tanah air maupun luar negeri di setiap episodenya. Mereka adalah Rita Sugiarto, Soimah, lnul Daratista, Nassar, Dewi Perssik, Zaskia Gotik, Fildan D ‘Star serta D’Star Reza D’Star (Indonesia), Miennan Yunos (Brunei Darussalam), Masidayu (Malaysia), Gino Padilla (Philippines), Rosalina Musa (Singapore), Kun Yee (Thailand) dan Mitu Freitas (Timor Leste). Sementara itu Adibal dan Deddy Puja akan hadir sebagai coach yang melatih kemampuan vokal dan koreografi dari setiap kontestan.

Dari ke-35 perwakilan masing-masing negara temyata bakat yang dimiliki rentangnya sangat beragam. Tidak hanya memiliki olah vokal yang cemerlang, para peserta juga memiliki sederet prestasi dibidang musik seperti memenangkan lomba menyanyi dibanyak kompetisi di negaranya, kemampuan menari dan memainkan alat musik hingga kemampuan menyanyi dengan beragam genre.

DA Asia 5 yang dipandu oleh Gilang Dirga, Irfan Hakim, Ramzi, Jirayut dan Putri Muslimah, Asia Uyaina Arshad ini akan dibuka dengan Opening Ceremony yang memperkenalkan ke-35 kontestan pada hari Senin, 21 Oktober 2019 LIVE pukul 18.30 WIB. Dan kompetisi siap digelar keesokan harinya yaitu Selasa, 22 Oktober 2019 LIVE pukul 20.30 WIB lewat Konser DA Asia 5 Top 35.Fah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *