Eko Mega Bintang : Maknai Dalam Kehidupannya Dan Mendekatkan Diri Pada Allah SWT Dengan Berqurban

Eko Mega Bintang. (Foto : Fah)

Idul Adha atau Hari Raya Qurban merupakan tardisi umat Islam yang dilakukan sejak sepeninggal Nabi Ibrahin AS hingga sekarang. Tak hanya masyarakat umum melakukan tradisi ini namun dikalangan artispun banyak yang melakukan penyembelihan hewan qurban sebagai salah satu ibadah.  Tak terkecuali penyanyi asal Jember, Jawa Timur Eko Mega Bintang yang dilakukan di Masjid Jami’ Al Ikhlas dikawasan Kalideres, Jakarta Barat ini. Di Idul Adha 1440 ini merupakan ketiga kalinya Eko berqurban, yakni dengan 2 ekor kambing dengan berlainan tempatnya.

“Alhamdulillah hari saya diberikan rizki untuk melakukan qurban kembali meski hanya 2 ekor kambing yang terpenting dilakukan dengan ikhlas dan berjalan lancar. Mudah mudahan bermanfaat buat orang banyak,”ujar Eko Mega Bintang mengamini di Masjid Jami’ Al Ikhlas di Kawasan Kali Deres, Jakarta Barat, Minggu (11/8).

Eko Mega Bintang dengan hewan qurbannya. (Foto: Fah)

Sebelumnya Eko juga melakukan qurban namun di Surabaya yang pertama 7 ekor kambing dan kedua 5 ekor kambing. Kali ini qurbannya diperuntukkan kedua orang tuanya yakni Gimun bin Rusman dan Munirahayu binti Munari.

“Dua tahun lalu qurbannya untuk nenek, kakek dan kakak saya yang telah meninggal dan tahun ini untuk orang tua yang masih ada. Insya Allah kedepannya juga saya qurban untuk saya dan saudara – saudara juga,”ungkap Eko yang rencananya akan kembali ke Taiwan untuk pekerjaan sebagai penerjemah Bahasa Madarain ini.

BACA JUGA:  IBOMA 2018 Menganugerahkan Kategori Baru ‘Top 10 Film Box Office Indonesia 2017
Eko Mega Bintang saat menyaksikan pemotongan hewan qurbannya. (Foto : Fah)

Eko menerangkan bahwa memaknai dari Idul Adha sendiri adalah sebagai pencerminan dari Nabi Ibrahim AS untuk berkurban yang saat itu dilakukan dengan anaknya namun Allah menggantinya dengan seekor kambing. Di dalamnya menyimpan berbagai peristiwa monumental dari peradaban kehidupan di bumi. Peristiwa tersebut selanjutnya diabadikan dalam sebuah ritual ibadah hingga sekarang.

Eko Mega Bintang saat menyaksikan pemotongan hewan qurabnnya di Masjid Jami’ Al Ikhlas , Kawsadan Kalideres, Jakarta Barat. (Foto : Fah)

“Maknanya ini ya pastinya lebih kepada mendekatkan diri kepada Allah SWT dan lebih bisa mengerti makna kehidupan ini melalui berqurban. Saya yang dilakukannya ini dapat beranfaat buat dirinya dan juga orang lain,”papar lelaki yang mengenyam pendidiksn S2 jurusan Komunkasi Global Sains Grafis, Ming Hsin University, Taiwan ini.

Eko Mega Bintang bersama panitia qurban Masjid Jami’ Al Ikhlas di Kawsana Kalideres, Jakarta Barat. (Foto : Fah)

Dalam kesempatan itu pelantun single ‘Nguber Welase’, ‘Jatuh Cinta’ dan ‘Ngopi Ngapa Ngopi’ ini bereksempatan hadir dalam pemotongan hewan qurbannya. Namun saat menyaksikan langsung pemotongan hewan qurbannya tersebut dirinya merasa tak tega untuk melihatnya terlebih melihat darahnya.

“Pas ngelihat darah emang takut aja dan langsung ingat kejadian kecelakaan pas didepan mata 5 tahun yang lalu. Jadi trauma aja kalau ngelihat darah, makanya nggak berani mgelihat darah qurban,”pungkas Eko.Fah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *