Sunan Kalijaga Bersama HAMI Berikan Layanan Hukum Gratis Lewat Kegiatan ‘Pojok Hukum’

Sunan Kalijaga bersama sejumlah advokat muda yang tergabung dalam HAMI. (Foto:Fah)

Sejumlah advokasi muda yang tergabung dalam Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) membuat suatu kegiatan bertajuk ‘Pojok Hukum’. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan hukum  yakni konsultasi gratis atau pendampingan gratis bagi mereka yang membutuhkan bantuan hukum.

Sunan Kalijaga SH. (Foto:Fah)

Sunan Kalijaga selaku penggagas dari Pojok Hukum ini mengatakan banyak orang berfikir bila menggunakan pengacara dengan dirinya dianggapnya mahal. Melalui kegiatan ini membuktikan bahwa konsultasi hukum ataupun pendampingan hukum tidak perlu mahal, dan bahkan tidak dipungut biaya.

“Ini kita adakan rutin setiap minggu, yakni setiap hari Jum’at mulai Jam 14.00 WIB sampai jam 17.00 WIB bertempat di Portable Cafe Kelapa Gading. Ini bersifat sosial, kalau dalam agamanya ya mencari pahala. Kita juga membuat suatu tim agar bisa maksimal melayani masyarakat,”ujar Sunan Kalijaga disela – sela preskon di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jum’at (07/09).

Dikatakan Sunan bahwa dirinya bersama HAMI sebelumnya juga sudah sering melakukan kegiatan ini di daerah – daerah kota besar, namun dikarenakan tidak terekspos di media. Selain itu juga, karena dirinya mengetahui banyaknya pemberitaan di tv sering terjadinya KDRT ataupun kasus lainnya, akhirnya iapun melanjutkan kegiatan ini di Jakarta.

Sunan Kalijaga SH. Saat memberikan keterangan persnya. (Foto:Fah)

“Kebanyakan masyarakat tidak mengerti hukum, atau masyarkat yang menjadi korban bingung harus melangkah kemana. Mereka berfikir untuk melangkahkan ke hukum berfikir berkali – kali, mungkin dikarenakan mereka melihat pengacara itu dengan mobil mewahnya, jadi kesannya beda,”terang Sunan.

BACA JUGA:  Yogurtland Dengan Rasa Yang Unik, Kini Hadir Di Central Park Mall, Jakarta Barat

Sunan pun mengajak para pengacara untuk tidak selalu berfikir bagaimana agar bisa kaya, bagaimana caranya agar bisa sukses, bagaimana caranya agar bisa Lamborgini . “Tapi saya ajak caranya waktu kita, tenaga kita, ilmu kita bisa bermanfaat membantu masyarakat khusunya yang membutuhkan. Alhamdulillah saya bersama – sama tim, akan menjadikan dedikasinya untuk pelayanan gratis pada masyarakat,”urainya.

Sunan Kalijaga SH bersama kliennya. (Foto:Fah)

Pelayanan hukum gratis yang dilayaninya menurut Sunan adalah semua masalah hukum baik hukum perdata ataupun pidana.

“Jadi semua masalah hukum kita tangani. Selama kita punya ilmunya dan selama kita mampu menyelesaikan atau mencarikan solusinya , kita layani sampai ke pengadilan,”tandasnya.

Tessa Kaunang . (Foto:Fah)

Dalam kesempatan itu, artis Tessa Kauna yang turut hadir, memberikan support apa yang dilakukan Sunan Kalijaga dan rekan – rekannya. Menurutnya pelayanan hukum tanpa biaya itu sangat menarik, karena kebanyakan orang pastinya berfikir lain, terlebih Sunan Kalijaga ini merupakan pengacara terkenal yang sudah pasti mahal.

“Yang saya tahu pelayanan hukum ini untuk menengah kebawah, dan juga menurut obrolan tadi juga disaring mana yang ditolong atau tidak. Bagi menengah keatas pastinya bisa menempatkan diri, jangan ada program seperti ini dimanfaatin,karena ini diperuntukkan bagi saudara – saudara kita yang kurang mampu,”pungkas Tessa.Fah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *