Lily Mariasari Wijaya – Disainer : Mengenalkan Batik Betawi Ke Manca Negara

Lily Mariasari Wiajya – Disainer. (Foto.Fah )

Berbekal sedikit pengetahuan tentang fashion dan hobby dalam membuat design, Lily Mariasari memulai bisnis ini secara resmi sejak November 2015. Mengawali fasion Show di Amerika dengan membawa batik Mega Mendung asal Cirebon.

“Sepulang dari Amerika, saya di panggil oleh walikota Jakarta Timur. Beliau meminta saya ikut mempopulerkan batik dan seni budaya Betawi. Dari saat itu saya langsung terjun dan memperdalam segala hal tentang Betawi, terutama motif hias pada batiknya,” ujar Lily ditemui butik ‘ELEMWE’ Jl. Rawamangun Muka Timur No.38, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Saya ingin, lanjut Lily, Jakarta dalam hal ini Betawi lebih dikenal masyarakat. Karena masih banyak potensi budaya yang belum banyak diketahui dari tradisi Betawi terutama batik.

 

“Karena saya percaya, setiap daerah punya ciri khas pada seni batiknya. Dan setiap batik memiliki kekhasan tersendiri. Contohnya Batik Jakarta Timur yang didominasi warna merah, cerah, menarik dan dihiasi tumpal. Mungkin untuk wilayah Jakarta lainnya dominasi ini akan berbeda-beda,” tegasnya.

Batik masuk pada 7 point dari Jakarta yang tetap harus lestari dan makin dekat dengan masyarakat selain, ondel, ondel, baju sadariah atau aneka kuliner yang mungkin sudah lebih dahulu dikenal masyarakat.

Dan untuk pengembangan Lily membuat trademarknya sendiri “ELEMWE” yang merupakan singkatan dari namanya. ELEMWE sendiri adalah busana Muslim yang dibuat dengan memadukan bahan nusantara yakni batik, tenun dan lain-lain. dengan design yang simple namun tetap menarik dan nyaman digunakan.

 

“Saat ini ELEMWE terdaftar sebagai UKM di Jakarta Timur san sudah beberapa kali mengikuti kegiatan pameran UKM baik di dalam dan luar negeri,” ucapnya .

Pilihan paduan bahan nusantara adalah untuk memberdayakan pengerajin lokal sehingga produk atau hasil karya pengrajin-pengrajin Indonesia Jakarta khususnya bisa ke dunia Fashion di dalam atau pun luar negeri dan makin terkenal.

“Harapan saya ELEMWE bisa bersaing dan berkembang menjadi suatu bisnis Fashion yang bermanfaat seperti : membuka lapangan bagi orang-orang yang menguasai jahitan, bordir, payet atau pun pernak pernik (craft), dan juga memajukan para pengrajin-pengrajin bahan spt Batik, Tenun, Songket dll untuk dapat terus berkarya. Ada nya ELEMWE semoga mampu membuka lapangan pekerjaan setidaknya kami dapat membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran,” pungkasnya.Fah

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0